Jakarta, Oleh Fajarwati. Pendampingan Berbagi Praktik Baik Program Sekolah Penggerak dan Kontributor Konten PMM di laksanakan di DKI Jakarta, tepatnya di Kota Jakarta Selatan bertempat di SMAS BAKTI IDHATA. Kegiatan pendampingan langsung di koordiinir oleh Pokja Sekolah Penggerak Direktorat SMA Mohammad Ajid Abdul Majid. Jumlah peserta yang di undang dalam kegiatan tersebut sebanyak 25 orang guru yang diambil dari Sekolah Penggerak dan Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri.
Pendampingan yang di Koordinir langsung oleh Pokja SP dan IKM Direktorat SMA Mohammad Ajid Abdul Majid dengan dibantu I wayan Budi Darmawan, BPMP DKI Jakarta Ibu Asyih Yuniesti, Pengawas Dinas Pendidikan dan Narasumber Berbagi Prakti Baik dari SMA Negeri 2 Skanto Papua Fajarwati, S.Pd berangkat ke sekolah sasaran pukul 07.30 WIB. Tepat pukul 08.00 WIB kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala SMAS BAKTI IDHATA.
Peserta yang hadir sebagai sekolah sasaran antara lain; SMAS Bakti Idhata, SMAS Cikal, SMAS Al Jabr, SMAS Al Wildan 4 Islamic School Jakarta, SMAS Darul Maaarif, SMAS 2 Perguruan Cikini, SMAS Cita Buana, SMAS Kharismawita, SMAS Perguruan Rakyat 1, SMAS Tirtamarta BPK Penabur, SMAS Islam Harapan Ibu, dan SMAS Darunnajah.
Tujuan dari kegiatan pendampingan tersebut antara lain ; 1) Mengidentifikasi permasalahan dan akar masalah yang di hadapi satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2 dalam melakukan pengimbasan, 2) Mendampingi satuan pendidikan pelaksana PSP angkatan 1 dan 2 dalam mendokumentasikan praktik baik implementasi PSP, 3) Meningkatkan kontributor konten praktik baik di PMM oleh satuan pendidikan pelaksana PSP Angkatan 1 dan 2 melalui fitur Bukti Karya dan Aksi Nyata; dan 4) Menyusun rencana tindak lanjut pengimbasan PSP yang dilakukan oleh satuan pelaksana PSP Angkatan 1 dan 2.
Dalam pelaksanaan Brainstorming atau identifikasi masalah, Fasilitator/narasumber mengidentifikasi masalah yang dihadapi sekolah sasaran dalam pemanfaatan PMM melalui mentimeter, selanjutnya menyampaikan pentingnya trasnformasi pembelajaran disatuan pendidikan dengan menggunakan aplikasi padlet.
Selain itu Fasilitator membagikan Tips dan trik praktik baik yang dimiliki baik dalam pemanfaatan PMM melalui komunitas belajar ataupun praktik baik yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Skanto sebagai pemicu dan motivasi bagi peserta sekolah sasaran pengimbasan. Selanjutnya Fasilitator mengidentifikasi masalah yang dihadapi peserta dalam memanfaatkan PMM dan para peserta bertukar pikiran mengenai kendala dan tantangan yang dihadapi dalam berbagi praktik baik.
Pada sesi terakhir, fasilitator mengenalkan metode STAR yang dapat digunakan sebagai teknik dalam membuat praktik baik dan dapat diunggah di menu Bukti Karya. Fasilitator mensimulasikan bagaimana penyusunan praktik baik dengan teknik STAR dan peserta mengikuti untuk dibimbing menulis praktikk baik yang dimiliki. Dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 18 orang guru sudah berhasil membuat aksi nyata dan bukti karya yang di uploud di PMM. Terakhir, peserta diminta membuat rencana tindak lanjut apa yang akan dilakukan selepas kegiatan pendampingan ini. Seyogyanya dapat mengimbaskan ke rekan sejawat di sekolah masing-masing untuk dapat berbagi praktik baik melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)
Dengan pengimbasan praktik baik ini, semoga pemerataan pemanfaatan PMM dapat dirasakan oleh semua pihak, karena setiap guru pasti memiliki ciri khas atau hal baik dan menarik yang berbeda dari sekolah lain atau guru lain dan dapat dibagikan di fitur PMM.
Jadilah yang pertama berkomentar di sini